Selasa, 12 Maret 2013

Sinopsis Tari Daerah Bali : Oleg Tamulilingan & Puspanjali

holaa ,  kali ini gw akan membahas beberapa tarian yg berasal dari daerah Bali. Nah , berhubung dulu waktu kelas X gw sering di kasi tugas sinopsis beberapa tari daerah , jadi sekalian aja gw posting. Semoga bermanfaat {}


Tari Oleg Tamulilingan

Oleg dapat berarti gerakan yang lemah gemulai, sedangkan tambulilingan berarti kumbang pengisap madu bunga. Tari Oleg Tambulilingan melukiskan gerak-gerik seekorkumbang, yang sedang bermain-main dan bermesra-mesraan dengan sekuntum bunga disebuah taman. Tarian ini sangat indah. Tari Oleg Tambulilingan, yang semula dinamakan Tambulilingan Mangisep Sari , merupakan ciptaan I Ketut Mario dari Tabanan pada tahun 1952 atas permintaan John Coast(dari Amerika). Terpujilah I Mario.
Tari Oleg Tambulilingan yang diraciknya pada tahun 1951 hingga kini senantiasa abadi. Remaja putra dan putri selalu bermimpi untuk bisa menarikannya dengan sempurna. Selain sebagai simbol romantisme laki-perempuan, gerak tari Oleg jugamengandung karakter keindahan yang khas Bali. Foto-foto Oleg selalu menghiasi majalah, iklanpenerbangan, iklan bank, billboard pinggir jalan dan media lain yang ingin melukiskan khasnya keindahan Bali.
Namun tidak banyak yang tahu awal mula koreografer I Mario menciptakan tariini, apalagi mengetahui stil gerakannya yang asli. Untuk mengenal Mario, Disbudpar Tabanan menggelar Lomba Tari Oleg Tambulilingan dan Kebyar Terompong se-Bali, 25-27 Maret lalu, diGedung Mario Tabanan.

Tari Puspanjali

*    Pencipta Tari                : 1. NLN Swasti Wijaya (penata tari)
2. I Nyoman Windha (penata tabuh pengiring)
*    Tahun Tercipta Tari      : 1989
*    Sinopsis                        :
Puspanjali berasal dari kata Puspa = bunga dan Anjali = menghormat , merupakan sebuah tarian penyambutan yang ditarikan oleh sekelompok penari putri (biasanya antara 5 – 7 orang) menampilkan gerak-gerik lembut, lemah gemulai yang dipadukan dengan gerak-gerak ritmis yang dinamis. Tarian ini banyak mengambil inspirasi dari tarian-tarian upacara rejang, dan menggambarkan sejumlah wanita yang dengan penuh rasa hormat menyongsong kedatangan para tamu yang dating ke pulau mereka.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar